Ilmu terbaik di Dunia

Sudah sering kali saya mengikuti seminar-seminar maupun membaca artikel-artikel yang mengemukakan tentang ilmu-ilmu maupun strategi-strategi dalam menghadapi pasar global. Saking banyaknya, saya sampai sekarang ini belum bisa menguasai salah satunya secara mutlak. Hasilnya ya setengah-setengah alias jalan ditempat. Boro-boro berhasil, saya hampir selalu mengalami keugian. Yang terparah malah menbuat saya hampir frustrasi.

Akibatnya saya jadi suka membeli buku-buku tentang arti hidup dan kehidupan. Hasilnya sih lumayan mendingan. Saya jadi bisa mengerem hasrat saya yang menggebu-gebu akan kekayaan duniawi. Namun tetap saya seringkali tidak puas dan tertantang untuk melakukan hal-hal yang akhirnya kembali merugikan saya secara finansial.

Namun beruntung saya juga menjadi rajin mendengarkan ceramah-ceramah agama, yang mengajarkan saya lebih jauh lagi. Tidak hanya sekedar arti hidup, namun juga sesudahnya yang mana sesungguhnya merupakan hakikat dari semua tujuan hidup ini.

Sampai sekarang saya bukanlah termasuk orang yang paling taat beragama, ataupun orang yang fasih dengan teori-teori agama, namun setidaknya, sekarang ini saya memiliki sedikit iman, untuk menghadapi kesulitan dan godaan hidup di jaman yang semakin sulit ini.

Saya berkeyakinan bahwa sesungguhnya seluruh umat manusia di dunia ini, wajib menguasai ilmu kegamaan atau kebatinan lainnya, minimal dalam taraf dimana dia mengerti secara cukup tentang bagaimana hubungan kita dengan sang pencipta, sesama maupun alam sekitarnya.

Menguasai ilmu Ekonomi, politik maupun teknologi, seringkali dipandang sebagian kalangan sebagai senjata pamungkas untuk mengatasi globalisasi dewasa ini. Namun kita sering lupa, menguasai hal itu namun tidak diimbangi dengan batin dan moralyang kuat, justru akan menjerumuskan diri kita bahkan orang-orang di sekitar kita pada kesengsaraan.

Saya kira kita wajib mendidik anak-anak kita dan generasi penerus kita dengan ilmu agama yang benar. Baik Isalam, Kristen, Hindu, Budha dan ajaran lainnya adalah ilmu pengetahuan yang maha suci yang tak akan lekang oleh jaman. Dan menrupakan bekal hidup untuk menuju alam berikutnya.

Memang ada konsekwensi logis dimana seringkali kita akan menghadapi kendala untuk itu. Sebab seringkali ada pertentangan, beda relitas dan sebagainya, bagi kita yang ingin memperalam ilmu Agama. Namun dengan keyakinan yang kuat, kita bisa mendapatkan ketentraman dan kekayaan yang jauh lebih berarti bagi diri dan keluarga kita. 

Tinggalkan Balasan

