Tips menghindari Network Marketing

Jaman sekarang mungkin semua orang telah sering mendengar atau bahkan sangat mengenal bisnis yang namanya Multi Level Marketing atau MLM. Ada yang pro dan ada yang kontra. Yang Pro tentu saja para pelakunya yang telah sukses mempraktekkannya. Mereka tentu saja punya segudang alasan dan cerita sukses mengenai bisnisini. Tidak salah memang namun juga bukan sepenuhnya benar. Sedangkan yang kontra seringkali menggunakan alasan etika, ketidak mampuan memasarkan dan sebagainya.

Saya termasuk orang yang berada ditengah-tengah. Tidak menolak tapi dalam hati sangat berat untuk menjalankannya. Hitung-hitungan di atas kertasnya sangat menggiurkan tapi pengorbanan yang harus dilakukan tidak kalah beratnya dengan bisnis konvensional. Malah terkadang lebih berat. Bisa kehilangan teman, dimusuhi keluarga, intinya makan hati.

Dari pengalaman itu kini saya mulai bisa berkata tidak karena jujur awalnya sangat sulit untuk melakukan itu. Mereka yang datang umumnya dengan power yang luar biasa besar alias kroyokan, yang mana alasan apapun yang ingin kita ungkapkan untuk tidak join, mereka selalu bisa memutar balikkannya. Yah namanya juga usaha , iya nggak?

Namun sesungguhnya sebelum anda mencap negatif MLM dan memutuskan tidak akan join MLM tersebut, sebaiknya anda instospeksi diri dulu. Tanya ke hati anda yang paling dalam, apakah anda yakin untuk menolaknya mentah-mentah. Coba bayangkan seandainya orang yang paling berpengaruh dalam hidup anda menawarkan MLM yang sama, apa anda akan tetap menolak? Kalau ya maka saya rekomendasikan anda untuk mempelajari tips ini.

Untuk mengetahui tips menolak ini, anda perlu tahu dulu apa yang mereka punya. Jadi anda wajib menyimak setidaknya apa yang mereka presentasikan ke anda. Lalu cari sesuatu yang benar-benar anda tidak suka dalam menjalankannya nanti. Kalau presentasi biasa belum cukup, anda bisa datang kesuatu pertemuan yang lebih besar tapi saya sarankan tidak, karena pengaruhnya sering kali berbalik arah dan anda bisa kepincut untuk gabung.

Walaupun seandainya anda datang ke pertemuan yang lebih besar itu, pastikan harga join-nya benar-benar terjangkau. Artinya mengantisipasi kemungkinan terjadinya join, harga yang anda bayarkan tersebut tidak membuat kantong anda jebol. Kalau memang harganya tak akan terjangkau atau dalam ukuran anda terlalu besar maka anda sebaiknya jangan coba-coba datang.

Hal lain yang anda harus lakukan sebelum anda datang ke presentasi tersebut adalah, jangan pernah bawa uang atau masalah anda ke sana. Saya yakin akan ada banyak solusi di sana tapi sekali lagi anda mungkin akan join dan sesungguhnya setelah join inilah anda akan memulai masalah lain. Jadi anda hanya dengarkan, nikmati suasana dan jangan berkomentar terlalu banyak. Ingat dipertemuan semacam ini anda sedang masuk ke kandang Macan. Santai saja dan cerna dengan otak dingin jangan pakai emosi. Kalau toh anda nantinya join, anda benar-benar memutuskannya dengan kepala yang dingin dan logika yang rasional.

Diakhir pertemuan bisnis macam ini, anda juga harus siap sedia untuk “tidak bertanya”. Artinya apa yang dipresentasikan anda simak dengan baik. Semakin anda bertanya maka semakin mudah bagi mereka untuk mengetahui dan mempengaruhi diri anda. Setelah selesai pertemuan itu maka hal yang anda harus lakukan adalah mundur diri secepat mungkin dari termpat tersebut. Karena biasanya bahasan mereka selanjutnya bersifat brain storming atau hal-hal yang bersifat pendalaman yang sorry kalau boleh saya bilang kadang menyesatkan. Karena terkadang keluar jalur dari bisnis yang sebenarnya yang mana seolah olah jalan inilah yang terbaik. So what gitu loh..

Oh ya, saya lupa, jangan pernah langsung join dipertemuan pertama. Kalau ibaratnya besi, anda sudah dipanaskan dalam pertemuan tersebut. Artinya besi yang panas tentu saja akan sangat mudah untuk dibengkokkan atau dibentuk sesuka hati kita. Jadi sebaiknya anda cooling down dan seperti apa yang saya katakan diatas,” segera undur diri dari tempat itu”.

Ok, setelah anda ikut suatu presentasi, mereka yang mengundang anda akan memberikan follow up ke anda. Biasanya mereka pasti telepon antara 2 sampai 3 hari kemudian. Awalnya mungkin mereka hanya sekedar say hi, kemudian tanya hal-hal yang menurut anda menarik pada pertemuan tersebut. Atau kalau anda akrab dengan orang yang mengundang mungkin anda akan langsung di panas-panasin agar segera join. Hal ini tentu saja mereka lakukan untuk mengetahui respon anda itu bagaimana. Disamping memang hal ini adalah hal wajib bagi setiap marketer.

Hal yang anda lakukan pertama-tama adalah mungkin mencoba mengakhiri percakapan atau pertemuan itu sesegera mungkin. Kalau pun tidak bisa bilang saja kita masih memikirkannya. Sampai kapan, ya sampai kita bisa menerima dengan baik alasan kita untuk join itu kuat atau tidak. Kalau orang yang mengundang adalah orang yang sering anda temui, maka sebaiknya jangan terlalu sering menghindar, nanti malah tidak enak jadinya. Biasanya mereka akan sering pamer bisnis mereka itu. Jangan terpancing..tetap putuskan dengan akal sehat, kalau memang anda bulat menolak besikaplah netral. Jadi penonton yang baik dan respon sewajarnya.

Intinya uraian ini ditujukan bagi anda yang segan menolak karena mungkin anda sungkan. Jadi silakan ikuti sedikit prosedur mereka setelah itu anda tolak tidak masalah. Mereka tidak akan marah atau super ngeyel dan terus-terusan mengejar anda. Tapi saya tetap garis bawahi disini, semua MLM itu baik, akan tetapi tidak masalah kita menolak sesuatu yang baik kalau memang kita merasa tidak mampu atau pantas menerimanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s