Sudah Saatnya PLN Beli Listrik Ke Pelanggan

Seringkali pasokan listrik PLN terganggu karena tidak cukupnya daya yang ada. Sehingga akhirnya satu-satunya perusahaan listrik milik negara ini, melakukan berbagai upaya yang dampaknya sangat merugikan pelanggannya. Misalnya dengan melakukan pemadaman bergilir.

PLM sendiri terus berupaya keras untuk melakukan penambahan daya, namun tetap keperluan masyarakat, pertumbuhannya tidak terkejar oleh upaya ini. Padahal energi alternatif yang dimiliki bangsa ini sangat potensial namun masih minim pemanfaatannya oleh PLN.

Upaya lain PLN adalah tentu saja menekan laju pemakain listrik oleh pelanggan. Masyarakat diserukan untuk melakukan penghematan pemakain listrik. Dengan berbagai iklan yang ditayangkan diberbagai media, sebenarya upaya ini cukup baik. Namun tetap saja masih belum mampu mengatasi krisis listrik di negara ini.

Kalau saya boleh usul, mungkin sudah saatnya masyarakat pemakai mulai ikut andil untuk ikut sedikit menyumbang daya, bukan hanya sekedar menghemat penggunaan saja. Nah lho, bagaimana caranya? Saya kebetulan terinspirasi seorang profesor asal negeri tetangga kita, Thailand, saya lupa namanya. Pada salah satu program yang tanyang di National Geographic channel, profesor ini telah berhasil membangun rumah yang menghasilkan energinya sendiri, melalui panel surya yang dipasang di atap.

Kelihatanya biasa, kan? Sebenarnya rumah Sang profesor ini tetap memakai listrik seperti rumah pada umumnya, terutama di malam hari. Namun di siang hari, panel surya yang terpasang sudah mampu memenuhi kebutuhan listriknya sendiri dan bahkan punya kelebihan daya yang sebaliknya dijual ke perusahaan listrik negara. Sedangkan dimalam harinya rumah ini 100% memakai daya listrik dari PLN-nya Thailand. Namun secara total, setiap bulannya, listrik yang dihasilkan oleh rumah ini masih lebih besar ketimbang yang dibelinya dari perusahaan listrik Thailand.

Berdasarkan fakta diatas, mungkin ada baiknya kita berpikir untuk meniru hal yang sama di Indonesia. Coba kita bayangkan apabila setiap rumah di negeri ini mampu menghasilkan listrik juga dan dibeli oleh PLN. Saya sangat yakin, PLN akan mampu mengatasi krisis listrik dan tentunya berhemat BBM dan bahan bakar lainnya. Semoga ada pemikiran ke arah sana juga. Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s