Menyiasati 2016

Tahun ini terasa begitu menyesakkan bagi kalangan pengusaha dan juga pekerja. Secara umum perekonomian di tahun 2016 sedang melambat tanpa ada gejolak yang menggairahkan pasar. Lalu apa yang mesti kita lakukan?

Memang 2016 sekarang tinggal beberapa bulan lagi. Namun ingat kwartal akhir tahun biasanya membawa perubaan signifikan. Karena ada gairah pasar baru yang biasanya terjadi. Sektor manufaktur biasanya bergerak lebih cepat karena banyak terjadi permintaan untuk pasar akhir tahun. Sektor pariwisata pun biasanya menggeliat karena mulai memasuki peak season.

Cuma kita harus lebih waspada, karena memasuki pergantian musih, harga bahan pokok akan merangkak naik. Jadi walaupun akan ada tambahan pendapatan namun harga bahan pokok merambat naik, bisa dipastikan tidak ada nilai tambah yang bisa kita rasakan.

Menyiasati akhir 2016 ini tentunya kita harus mereview budget yang kita punya. Jika ada peluang tentu investasi apapun akan bagus. Kita bisa beli dengan harga lebih wajar saat ini untuk mendapatkan sedikit kenaikan di masa yang akan datang. Masyarakat kecil masih melihat Emas sebagai instrumen menabung yang tepat untuk investasi. Ini karena likuiditas barang emas masih sangat tinggi.

Yang kalangan menengah lebih baik pilih instrumen reksadana misalnya. Atau kalau nggak mau ribet ada deposito-deposito dengan bunga menarik dalam jangka pendek yang bisa dilakukan. Daripada misal uang lebih dianggurkan di rekening tabungan biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s